Wednesday, April 2, 2014

Kapan Sih Masa Kadaluwarsa Make Up?

Kapan Sih Masa Kadaluwarsa Make Up?

Seperti halnya makanan, make up juga memiliki batas waktu pemakaian atau masa kadaluarsa. Jika terlalu lama dipakai dan Anda mengacuhkan masa kadaluarsa make up, bisa menimbulkan masalah kesehatan kulit seperti jerawat hingga iritasi kulit yang lebih parah.

Yuk, kita hindari berbagai masalah kulit karena memakai make up yang kadaluwarsa, dengan membaca informasi yang dilansir oleh situs About tentang batas waktu pemakaian make up.

Foundation
Jika Anda memiliki foundation yang dilengkapi seperti pompa, hal ini lebih bagus karena mampu bertahan hingga batas waktu 8 bulan. Sedangkan, foundation biasa yang diaplikasikan dengan jari hanya bisa dipakai selama 6 bulan pemakaian. Jadi, biasakan Anda mengganti foundation lama Anda setiap 6 bulan sekali.

Blush/Bronzer
Bedak make up bisa bertahan lebih dari satu tahun, jika tidak ada keluhan atau iritasi kulit saat digunakan. Anda bisa berpedoman pada bau maupun teksturnya, apabila sudah berubah segera ganti dengan yang baru. Dengan perawatan yang tepat serta menjaga kebersihan kuas make up, Anda dapat memakai blush/bronzer hingga 4 tahun.

Produk mata
Kebanyakan ahli menyarankan untuk mengganti eyeliner cair dan maskara setiap 3 bulan. Jika maskara tidak kering, berbau maupun menggumpal, bisa dikategorikan maskara Anda masih dapat dipakai hingga 6 bulan. Kecuali, jika terdapat keluhan atau masalah seperti  infeksi mata. Produk bubuk, seperti eyeshadow, biasanya dapat bertahan sampai 4 tahun, selama Anda mencuci kuas Anda secara teratur dan tidak menggunakan kembali mereka setelah infeksi mata. Sedangkan, eyeliner pensil, dapat bertahan hingga 1-2 tahun. Rautlah pensil Anda setiap akan digunakan agar tetap bersih.

Bibir dan Kuku
Cat kuku adalah produk yang awet dan dapat bertahan hingga 2 tahun, kecuali jika cat kuku mulai berubah warna serta tekstur akibat terkena jamur harus segera dibuang dan diganti dengan yang baru. Adapun lipstik, lip gloss, dan lip liner, masih bisa bertahan sampai 2 tahun.

Sementara itu, situs Wikihow memberi saran agar Anda melihat setiap item make up Anda apakah terdapat perubahan kimia untuk mengindikasi masa kadaluwarsa. Perubahan ini meliputi: bau tengik, perubahan warna, dan perubahan tekstur atau konsistensi, seperti cat kuku mengeras, atau make up menjadi berkerak.

Waspada selalu dengan batas pemakaian make up Anda, Moms!


No comments:

Post a Comment

Popular Posts Now