Thursday, January 30, 2014

Jagung

Khasiat dan Manfaat Jagung

Kandungan, Khasiat dan Manfaat Jagung
Untuk Mencegah Wasir dan Kanker Usus
Kandungan, Khasiat dan Manfaat Jagung – Tanaman jagung merupakan bahan baku industri pakan dan pangan serta sebagai makanan pokok di beberapa daerah di Indonesia. Dalam bentuk biji utuh, jagung dapat diolah misalnya menjadi tepung jagung, beras jagung, dan makanan ringan (pop corn dan jagung marning). Jagung dapat pula diproses menjadi minyak goreng, margarin, dan formula makanan. Pati jagung dapat digunakan sebagai bahan baku industri farmasi dan makanan seperti es krim, kue, dan minuman.
Jagung sebenarnya berasal dari meksiko amerika tengah dan sudah dikonsumsi sebagai makanan pokok penduduk asli amerika sejak 8000 tahun yang lalu hal ini terbukti dengan ditemukannya fosil teosinte, sejenis rumput liar yang diyakini sebagai nenek moyangnya jagung yang ditemukan di dekat kota meksiko.
Kandungan Gizi Sayuran Jagung
Biji jagung kaya akan karbohidrat. Sebagian besar berada pada endospermium. Kandungan karbohidrat dapat mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji. Karbohidrat dalam bentuk pati umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektin. Pada jagung ketan, sebagian besar atau seluruh patinya merupakan amilopektin. Perbedaan ini tidak banyak berpengaruh pada kandungan gizi, tetapi lebih berarti dalam pengolahan sebagai bahan pangan. Jagung manis diketahui mengandung amilopektin lebih rendah tetapi mengalami peningkatan fitoglikogen dan sukrosa.
Kandungan gizi Jagung per 100 gram bahan adalah :
•    Kalori : 355 Kalori
•    Protein : 9,2 gr
•    Lemak : 3,9 gr
•    Karbohidrat : 73,7 gr
•    Kalsium : 10 mg
•    Fosfor : 256 mg
•    Ferrum : 2,4 mg
•    Vitamin A : 510 SI
•    Vitamin B1 : 0,38 mg
•    Air : 12 gr
Dan bagian yang dapat dimakan 90 %. Untuk ukuran yang sama, meski jagung mempunyai kandungan karbohidrat yang lebih rendah, namum mempunyai kandungan protein yang lebih banyak. Jagung merupakan tanaman semusim (annual). Satu siklus hidupnya diselesaikan dalam 80-150 hari.
Khasiat dan Manfaat Jagung
Beberapa manfaat jagung untuk kesehatan yang perlu anda ketahui, yaitu :
1. Manfaat Jagung untuk Melancarkan Buang Air Kecil 
Manfaat rambut jagung sendiri dapat dijadikan untuk melancarkan buang air kecil. Siapkan rambut jagung sebanyak 50 gram lalu cucilah hingga bersih. Kemudian rebuslah dengan menggunakan 1 liter air hingga mendidih. Diamkan hingga hangat dan minumlah 2 sampai 3 kali sehari.
2. Manfaat Jagung untuk Mencegah Wasir dan Kanker Usus
Kandungan serat yang tinggi dari jagung dapat mencegah terjadinya gangguan pencernaan seperti wasir dan sembelit. Kandungan seratnya sendiri adalah 18,4% dari serat yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. Selain itu jagung juga dapat mengurangi resiko terkena kanker usus.
3. Manfaat Jagung untuk Mengurangi Kadar Kolesterol LDL (kolesterol jahat)
Kadar kolesterol LDL plasma dapat berkurang berkat minyak jagung yang kita konsumsi. Pernyataan tersebut menurut catatan Journal of Nutritional Biochemistry.
4. Khasiat Jagung untuk Menambah Berat Badan
Jagung mengandung 342 kalori disetiap 100 gramnya, juga mempunyai kandungan kalori yang sangat tinggi melebihi makanan sereal lainnya. Hal tersebut yang membuat jagung berguna untuk menambah tinggi badan kita.
5. Khasiat Jagung untuk Mencegah Anemia
Kandungan vitamin B12 pada jagung dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit kurang darah atau yang sering disebut dengan anemia.
6. Manfaat Jagung Sebagai Obat Diare
Jagung bisa juga dimanfaatkan untuk obat diare yaitu dengan cara meramunya. Sediakan 1 tongkol jagung lalu cucih sampai bersih. Jika sudah bersih, ditumbuk hingga halus kemudian tambahkan 1 gelas air dan aduk. Minumlah 2 atau 3 kali sehari.
7. Khasiat Jagung untuk Melancarkan ASI
Untuk ibu-ibu sepertinya wajib mengkonsumsi jagung rebus yang biasa dijual oleh tukang jagung keliling diperkampungan karena jagung rebus berguna untuk memperlancar air susu ibu.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts Now